Selasa, 20 November 2012

ingin tau tentang apa itu kutil, ato mata ikan?

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terserang Kutil?


detail berita
Kaki bersih tanpa Kutil (Foto: Skincarebeautyzone)
WALAUPUN permukaan kulit memberikan perlindungan dari lingkungan, organisme penginfeksi dapat memasuki kulit dengan berbagai cara. Sejumlah infeksi virus dapat dengan mudah menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian lain, atau ditularkan ke orang lain.

Kutil dan mata ikan adalah contoh dari masalah kulit yang disebabkan oleh virus. Kutil adalah benjolan kecil dan jinak, sementara mata ikan adalah kutil yang menyakitkan di telapak kaki yang telah terdorong ke dalam kaki akibat tekanan berjalan.

Kutil mengandung sel-sel mati berlebihan yang menonjol keluar dari permukaan kulit. Mungkin hanya ada satu kutil, namun bisa juga terdapat banyak kutil di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah dan genital.

Tubuh memerlukan waktu sekitar dua tahun untuk membangun kekebalan terhadap virus kutil, dan setelah itu kutil biasanya hilang secara spontan. Kutil ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita.

Untuk mengetahui gejala bahwa Anda telah terserang Kutil, mudah saja. Benjolan keras dari kulit kering yang muncul secara spontan dan tumbuh satu atau mengelompok di bagian tubuh.

“Kutil biasanya bulat dan memiliki permukaan yang menonjol. Sedangkan mata ikan datar dengan permukaan yang tebal,” demikian ungkap Dr. Miriam Stoppard seperti yang dilansir dalam bukunya, Parenting Guide.

Mungkin terdapat titik hitam di dalam benjolan kutil atau pun mata ikan. Itu adalah pembuluh darah, bukan kotoran. “Kutil di kulit tidak serius atau menyakitkan, namun temui dokter jika kutil terus bertambah atau muncul di wajah dan Anda ingin membuangnya. Mata ikan bisa menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman, tergantung pada telapak kaki sebelah mana yang diserang,” urai D. Miriam.

Penanganannya pun tidak terlalu sulit. Anda bisa mencari obat kutil paten dari apotek. Obat ini bekerja melalui pemberian larutan asam lemah ke kutil, dan pembuangan kulit yang terbakar setiap hari.

Anda harus menaati petunjuk penggunaan secara hati-hati, serta menghindari pengolesan larutan tersebut ke kulit yang sehat. Jangan gunakan obat kutil paten pada kutil di wajah atau genital. Ini bisa menyebabkan parut.

Jika Anda mendatangi dokter, ia mungkin menyarankan Anda untuk mengabaikan kutil itu dan merujuk Anda ke dermatolog rumah sakit. Metode pembuangan kutil mencakup pembekuan, kauterisasi, dan pembedahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar